Profil Polewali Mandar Sisi Pemerintahan, Ekonomi dan Pariwisata
Cari Berita

Advertisement

Profil Polewali Mandar Sisi Pemerintahan, Ekonomi dan Pariwisata

Friday, January 25, 2019


Kabupaten Polewali Mandar

Polewali Mandar (Polman) dulu adalah Polewali Mamasa (Polmas) di Wilayah pemerintahan daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Polewali Mandar. Kabupaten ini di mekarkan setelah terbentuknya provinsi Sulawesi Barat, Polewali Mamasa di mekarkan, dan bernganti nama menjadi Polewali Mandar. Nama tersebut berganti secara resmi sejak tanggal 1 januari 2006 dalam penetapannya di Peraturan Pemerintah (PP) No. 74 tahun 2005, tepatnya tanggal 27 Desember 2005 tentang perubahan nama kabupaten Polmas menjadi nama Kabupaten Polewali Mandar (Polman). Kabupaten ini adalah Tingkat II provinsi atau pembagian wilayah adminitratif dengan peran mandiri Otonom.

Jumlah Penduduk Polewali Mandar

Polewali Mandar berada dalam wilayah Wilayah Sulawei Barat dengan kepadatan jumlah penduduk diangka 455.572 jiwa, dan terus mengalami pertambahan penduduk di tahun 2018. Polewali Mandar memberi jumlah paling  besar terhadap jumlah penduduk di Sulawesi Barat dari 6 Kabupaten di Wilayahnya masing-masing. Jarak dari kota Ibu Kota Mamuju, Sulawesi barat adalah sekitar 101 kilometer.

Pemerintahan

Pemerintahan Polewali mandar mempunyai 5.885 Pegawai Negeri Sipil (PNS). Jumlah tersebut dalam pemerintahannya adalah Pegawai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kemudian tersebar dalam bentuk Dinas, perkantoran, serta sekretariat dan Badan Pemerintahan yang teroganisir.  Pada kurun waktu tahun 2004, pegawai yang telah mengikuti pendidikan serta pelatihan berjumlah 595 orang. Angka itu terdiri dari ADUM atau Adumla 425 orang, spama atau Diklat PIM 120 orang, SMAPEM atau Diklat PIM II sebanyak 50 orang. Kualifikasi pendidikan pada tahun 2004 sebagai berikut :

Pendidikan

Dalam peningkatan pemerintahan di daerah Kabupaten Polewali Mandar, yaitu program wajib belajar 9 tahun, dengan program tersebut di harapkan, dapat meningkatkan Sumber daya Manusia (SDM) yang berkualitas, di era persaingan saat ini. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah tamatan pendidikan dari jenjang sekolah hingga sarjana, berikut adalah daftarnya :

Kualifikasi Pendidikan :

  • S2 : 150 orang
  • S1 : 1.279 orang
  • D IV : 294 orang
  • D II : 986 orang
  • DI : 7 orang
  • SMA : 2.496 orang
  • SMP : 251 orang
  • SD : 127 orang   

Keadaan Ekonomi

Polewali Mandar mempunya sejumlah potensi pendapatan dalam meningkatkan produktivitas ekonomi. Tentu saja adalah bagian yang tak terpisahkan dari kesejahteraan masyarakat yang tiap tahunnya menjadi daya dobrak ekonomi di Provinsi Sulawesi Barat, Polman. Daya Ekonomi tersebut ada di berbagai Sektor berikut :

Potensi Sumber Daya Ekonomi :

  1. Tanaman Pangan
  2. Kahutanan
  3. Peternakan
  4. Perikanan
  5. Industri
  6. Perdagangan dan Koperasi

Pariwisata

Dukungan sektor pariwisata menjadi bagian bagian yang tak terlepas di kabupaten Polewali Mandar. Dengan daerah yang begitu luas dari 5 daerah kabuapten lain di Provinsi Sulawesi Barat. Setidaknya ada 7 tempat wisata di Kabupaten Polewali Mandar.


Objek Wisata Polewali Mandar :

  1. Wisata Pulau Kucing  
  2. Permandian Alam Biru
  3. Rawa Bangun
  4. Pantai Mampie
  5. Pantai Goda Mangrove Park
  6. Air Terjun Limbong Komandang
  7. Permandian Alam Limbong Sitodoq