Profil Kabupaten Majene
Cari Berita

Advertisement

Profil Kabupaten Majene

Thursday, January 17, 2019

Kabupaten Majene


Jumlah Penduduk 

Profil Kabupaten Majene - Jumlah Penduduk di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar) tercatat menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulbar tahun 2017, sebanyak 169.072 jiwa. Angka tersebut seiring dengan perkembangan wajktu terus meningkat. Angka tersebut juga ditambah dengan rumah tangga sebesar 34.939 rumah tangga. Laki-laki tercatat 82.618 ribu jiwa sertaperempuan tercatat 84.454 ribu jiwa dengan rasio perkembangan penduduk sebanyak 100. Dilain sisi juga ditambah kepadatan penduduk sebanyak 178 jiwa/km. Daerah dengan kepadatan penduduk yang member kontribusi besar terhadap populasi adalah Kecamatan Banggae dengan angka 1.675 jwa/km.

Bahasa dan Suku 

Menurut suku dan Bahasa Penduduk di Kabupaten Majene sebagian terbesar dari Suku Mandar merupakan suku asli di Sulbar. Pada Umumnya tentu mereka menggunakan bahasa dengan menggunakan Bahasa Mandar. Bahasa Mandar adalah bagian dari kelompok Utara dalam rumpun bahasa Sulawesi Selatan dalam cabang Melayu-Polinesia dari rumpun bahasa Austronesia. Bahasa Mandar yang digunakan oleh mereka memiliki dialek bahasa bervariasi, meski demikian, itu sebagian besar dengan Dialek Majene kecamatan Banggae serta  sisanya dengan menggunakan dialek Pamboang pada umumnya dipakai di wilayah pesisir Pamboang sdan dialek Awok Sumakengu diucapkan hanya di Desa Onang, Kecamatan Tubo Sendana.

Transportasi 

Majene posisi dalam wilayah strategis, letaknya sekitar 302 km sebelah utara Kota Makassar Sulwesi Selatan. Majene dilengkapi dengan terminal induk serta terminal pembantu, dialin sisi didukung dengan sarana pelabuhan diantaranya pelabuhan Majene tepanya kecamatan Banggae, Pelabuhan Palipi serta kecamatan Sendana juga Pelabuhan di Laut berada di kecamatan Pamboang dan Malunda.

Ekonomian

Kabupaten Majene juga sangat didukung dengan bebarabagai sarana. Dengan keberadaan sarana perdagangan berupa pasar permanen dan pasar darurat ang tentu sangat mendorong pertumbuhan ekonomi tiap tahunnya.


Pendidikan/ Jumlah Sekolah


1. SMA/SMK/MA
2. MA Negeri 1 Majene
3. SMA Negeri 1 Majene
4. SMA Negeri 2 Majene
5. SMA Negeri 3 Majene
6. SMA Negeri 1 Pamboang
7. SMA Negeri 1 Sendana
8. SMK Negeri 1 Majene
9. SMK Negeri 2 Majene
10. SMK Negeri 3 Majene
11. SMK Negeri 4 Majene
12. SMK Negeri 5 Majene

 Jumlah Perguruan Tinggi


1. Universitas Sulawesi Barat
2. Universitas Tomakaka
3. Universitas Terbuka
4. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YAPMAN Majene
5. Sekolah Tinggu Ilmu Kesehatan Marendeng Majene
6. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Bangsa Majene
7. AMIK Tomakaka
8. Universitas Al Asyariah Mandar


Jumlah Tempat Wisata Majene


1. Pantai Arewata
2. Pantai Dato
3. Pantai Baluno
4. Air terjun Baruga
5. Air terjun Salutakaang
6. Pemandian Air Panas Makula
7. Museum Mandar