Grand Final Tonacanga-Tonalolo 2018 Mateng Usai Dilaksanakan, Perwakilan Kecamatan Karossa Raih Juara Pertama

Diposkan oleh On Friday, November 09, 2018

-- --

Finalis Juara Tonacanga Tonalolo 2018 Mateng
Foto Finalis Tonacanga-Tonalolo 2018 (Idham), perwakilan Kecamatan Karossa.

Penyelenggaraan malam puncak grand final Pemilihan Tonacanga Tonalolo Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) tahun 2018, dilaksanakan secara meriah dan spektakuler    kegiatan ini menyuguhkan beberapa penampilan seperti kesenian tari tradisonal dan penyanyi top  asal Mamuju di halaman Kompleks KTM Mateng.

Kegiatan yang merupakan ajang pemilihan tonacanga dan tonalolo ini adalah kegiatan tahunan yang di selenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Mateng, yang akan menobatkatkan satu pasang putra dan putri (Tonacanga dan tonalolo) sebagai duta wisata kab mamuju tengah tahun 2018. Rabu (7/11/18).

"Kegiatan Grand Final Pemilihan tonacanga dan tonalolo ini adalah salah satu warna kegiatan yang bisa menjadi semangat baru  dalam mencetak generasi yang berkualitas yang akan memajukan kepariwisataan di mamuju tengah, juga menjadi semangat baru  dalam mendukung program Pemerintah daerah baik tingktat kabupaten maupun provinsi” ucap Nursina amir  Selaku Kepala Bidang Kebudayaan dalam sambutannya di pembukaan grand Final Pemilihan Tonacanga dan Tonalo Mateng. 

Ditambahkannya Peserta yang terpilih dapat mempromosikan budaya yang ada di kabupaten mamuju tengah agar mamuju tengah dapat lebih di kenal di daerah lain.

“Dan untuk itu juga kami akan tetap menggandeng adik - adik  alumni tonacanga dan tonalolo untuk membantu kami dalam hal melestarikn kebudayaan di mamuju tengah" tambahnya.

Dalam sambutan kedua ketua DPRD Mateng,  H. Arsal Aras,  menyampaikan  pemilihan duta wisata ini jangan hanya kegiatan rutinitas setiap tahun, tetapi harus ditindaklanjuti, duta wisata harus lebih diberikan ruang dan dilibatkan dalam promosi wisata Kabupaten mamuju tengah, bagaiamana caranya agar mereka bisa untuk berlomba-lomba dalam mempromosikan wisata.

“Kegiatan Duta Wisata ini diikuti oleh 10 pasang finalis dan saling bersaing untuk menarik hati juri dengan penampilan terbaiknya,” kata Wahyudi Yang Merupakan Ketua Ikatan Tonacanga dan Tonalolo.

Adapun puncak malam grand final  sebagai juara pertama Putra yaitu Idam Putra Galib  perwakilan dari Kecamatan karossa, dan  juara pertama putri yaitu Nimade Widyastuti juga merupakan Perwakilan dari Kecamatan Karossa.

Penulis : Heril Putra Ghalib
Editor : Adri M. Fatwa

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »