Ekonomi Sulbar Kurun Waktu 12 Bulan Tahun 2017-2018

Diposkan oleh On Monday, November 05, 2018

-- --

Ilustrasi : Pertumbuhan Ekonomi Sulbar kurun waktu 12 Bulan

Pertumbuhan Ekonomi Sulawesi Barat (Sulbar), sebagaimana yang dimaksud Triwulan III tahun 2018, yakni bulan Juli hingga September mengalami pertumbuhan ekonomi dengan persentase 7,90 persen, dalam rentan waktu 12 Bulan atau dari tahun ke tahun (Year On Year) 2017-2018.

Hal tersebut diketahui, setelah Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulbar, merilis berita resmi statistik, dikantornya Senin, (05/11/18).

Kepala BPS Sulbar, Win Rizal Mengatakan dalam pres rilis tersebut, Gambaran perekonomian Sulbar selama 3 bulan terakhir dengan akumulasi Pendapatan Hasil Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) menunjukan angka positif.

"Laju perkembangan dari tahun ke tahun, Triwulan III tahun 2017, sebesar 7,12 persen mengalami peningkatan. Di tahun 2018, sebesar 7,90 persen, yang paling tinggi adalah, Lapangan industri prngolahan sebesar 13,60 persen" Ungkapnya.

Ia menjelaskan, dalam skala hituangan Year On Year, Komponen yang paling berpengaruh adalah Pengeluaran Komsumsi Pemerintah, Ekspor. Kelompok yang memberikan andil, Komsunsi pemerintah 3,23 Persen.

“Dari sisi pengeluaran jika dihitung Triwulan tertinggi itu komponen pengeluaran pemerintah dengan pertumguhan  ekonomi sebesar 8,52 persen dari triwulan I-III di tahun ini” Jelasnya.

Ia juga menjelaskan untuk menentukan pertumbuhan, dari total 7,90 persen, sementara dari bulan ke bulan, triwulan III 2018, pengeluaran untuk komsumsi rumah tangga cenderung turun, dari Indeks angka pengeluaran sebesar 6,47 persen.

Dari data BPS Sulbar, Struktur PDRB Sulbar , jika dihitung ranking Sulawesi Maluku dan Papua (Sulampua), Sulbar berada pada posisi kedua sebesar 7,90 persen. Posisi pertama Maluku Utara 8,17 Persen.

Sementara itu berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), jumlah nilai tambah barang dan jasa di Sulbar  yang dihasilkan dari seluruh kegiatan perekonomian daerah dengan harga berlaku mencapai sebesar 11,38 Milyar Rupiah. Sedangkan dengan harga Konstan terhitung sejak tahun 2010 mencapai 8,09 Triliun Rupiah.

“Ekonomi Sulbar mengalami pertumbuhan di sisi lapangan usaha administrasi pemerintahan, pertahanan, dan jaminan sosial wajib 44,89 persen, Komsumsi pemerintah meningkat signifikan sebesar 45,77 persen” Jelas Win Rizal dalam Pres Release di Aula lantai dua Kantor BPS Sulbar.

Sulbar Dalam Pertumbuhan Ekonomi :




Rilis : BPS Sulbar

Editor : Adriansyah

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »