Sejarah Hari Jadi Kota Mamuju yang Perlu Diketahui

Diposkan oleh On Sunday, July 01, 2018

-- --

Inilah kota Mamuju, Ibu kota Provinsi Sulawesi Barat. Lihat selengkapnya.
Kota Mamuju 
Jika kita berbicara tentang sejarah Hari Jadi Kota Mamuju, maka akan ada banyak hal yang menjadi bagian darinya. Penetapan hari jadi ini sendiri membutuhkan proses dan waktu yang tidaklah sebentar. Ada juga berbagai peristiwa dan kajian sejarah penting dengan berbagai versi tentang waktu yang tepat untuk menetapkan kapan hari jadi dari Kota Mamuju ini dipilih.

HIPERMAJU dan PERSUKMA akhirnya memutuskan untuk menggandeng Pemerintah Daerah setempat mengadakan seminar. Berdasarkan hasil seminar tersebut, kemudian diputuskanlah mulai tahun 1540 tepatnya tanggal 14 Juli 1540 sebagai Hari Jadi Mamuju. Hal ini kemudian lekas ditanggapi oleh Bupati dengan mencantumkannya dalam Raperda terkait dengan Hari Jadi Kota Mamuju.

Sebelum masuk menjadi Perda, perlu diketahui, Raperda ini sudah melwati banyak pembahasan baik itu dari mereka para budayawan, tokoh sejarah, hingga tokoh intelektual. Kemudian dalam sidang paripurna yang dilaksanakan tanggal 9 Agustus 1999 yang lalu, Raperda inipun kemudian disahkan menjadi Peraturan Daerah Kabupaten Mamuju nomor 05 tahun 1999.

Berdasarkan penjelasan Perda tersebut, kita bisa mengetahui bahwa sejarah Hari Jadi Kota Mamuju memiliki makna dan sarat akan moral yang dalam. Hal ini bukan sebatas formalitas, namun juga memberikan makna simbolik mengenai hakekat, harkat, jati diri, dan citra yang akan digunakan sebagai motivasi masyarakat untuk melestarikan sejarah dan nilai budayanya.

Mutiara hikmah tentang tradisi dan nilai budaya daerah ini sendiri bisa kita tahu. Berdasarkan sejarah hari jadi Mamuju, isi kutipan tersebut adalah “Todiari Teppo Dolu, Parallu Nikilalai Sule Wattu Ia Te’e, Laiyalai Mendiari Peppondonganna Katuoatta’ilalan Era Laittingayoaianna”.


Artikel terkait : 
Dasar pemikiran dari kutipan tersebut intinya adalah pemikiran penetapan waktu untuk hari jadi Mamuju ialah dengan terbentuknya Kerajaan Mamuju. Hal ini dimulai dengan perpaduan 3 kerajaan bernama Langgamonar, Kurri-kurri, dan Managallang. Selain itu, hal ini juga didasarkan dengan perhitungan tersendiri untuk menetapkan tanggal Hari Jadi Kota Mamuju.

Dengan mengetahui sekilas tentang sejarah Hari Jadi Kota Mamuju seperti di atas, sudah sepantasnya kita memahami apa yang menjadi napak tilas terbentuknya kota ini. Oleh karena itu, tak jarang jika ada banyak orang yang juga percaya bahwa suatu tempat juga berdiri dengan adanya sejarah yang patut untuk diketahui siapa pun.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »