Sejarah dan Profil Kabupaten Mamuju Tengah

Diposkan oleh On Tuesday, July 03, 2018

-- --

Gambar logo Kabupaten Mamuju Tengah
Logo Kabupaten Mamuju Tengah
Profil Kabupaten Mamuju Tengah - Kabupaten Mamuju Tengah adalah salah satu kabupaten di provinsi Sulawesi Barat, Indonesia, yang berdiri pada tahun 2012. Mamuju Tengah (Mateng) merupakan hasil dari pemekaran dari Kabupaten Mamuju, Ibu kota Provinsi Sulawesi Barat (Provinsi termuda ke 33 di Indonesia). Proses secara sah berdirinya kabupaten Mamuju Tengah yakni disahkannya dalam sidang paripurna DPR RI pada 14 Desember 2012 silam di gedung DPR RI tentang rancangan Undang-Undang (UU) Daerah Otonomi Baru (DOB).

Historis, sejarah perjuangan pembentukan Mamuju tengah sebenarnya sudah dimulai sejak 55 tahun yang lalu atau tepatnya tahun 1963. Pada tahun tersebut bernama Kabupaten Bupas (Budong-Budong Pasangkayu) yang merupakan gabungan dari dua wilayah, yakni wilayah Budong-Budong dan wilayah Pasangkayu. Namun dalam perjalanannya, wilayah Pasang Kayu sudah menjadi Kabupaten sendiri terlebih dahulu yakni Kabupaten Mamuju Utara (Matra). Sehingga dengan demikian keinginan membentuk wilayah Budong-Budong menjadi kabupaten sendiri adalah aspirasi seluruh masyarakat mateng pada saat itu.

Baca : Jumlah Penduduk Kabupaten Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat 

Luas Kabupaten Mamuju menjadikan rentang kendali antar wilayah menjadi lebih panjang. Oleh karenanya pembentukan kabupaten Mamuju Tengah diharapkan memperpendek rentang kendali pelayanan terhadap masyarakat. Kabupaten Mamuju Tengah mempunyai potensi untuk berbagai jenis komoditi pertanian dan perkebunan. Hasil komoditi pertanian yang menjadi unggulan selain padi adalah buah jeruk, rambutan, durian, mangga, dan pisang. Sedangkan untuk perkebunan, komoditi unggulan adalah kelapa sawit, kakao (coklat) dan kelapa hybrid. 

Disamping itu juga terdapat jenis bahan tambang seperti tembaga, tanah liat dan pasir besi. Aneka populasi manusia di Mateng berjumlah 118.188 jiwa, dengan laju pertumbuhan penduduk rata-rata pertahun (2010-2014) sebesar 2,78 persen. Dari 5 kecamatan, Kecamatan Topoyo merupakan jumlah penduduk terbesar, yaitu sekitar 29.271 jiwa. Sedangkan yang terkecil adalah Kecamatan Pangale sebesar 12.311 jiwa.

Sebanyak 5 kecamatan di Kabupaten Mamuju Tengah, terdiri dari seluruh desa di kabupaten tersebut. Desa yang terbagi 5 kecamatan itu berjumlah total 53 desa dari seluruh kecamatan, berikut Daftar nama-namanya :

Kecamatan-kecamatan di Kabupaten Mamuju tengah  :

Kecamatan Pangale
Desa di Kecamatan Pangale :
Kombiling
Kuo
Lamba-lamba
Lemo-lemo
Pangale
Polo Camba
Polo Pangalae
Sartana Maju

Kecamatan Karossa
Desa di Kecamatan karossa :
Kadaila
Kambunong
Karossa
Kayu calla
Lara
Lara III
Lembah Hopo
Mora Benggaulu
Mora IV
Sukamaju
Tasokko

Kecamatan Budong-Budong
Desa di Kecamatan Budong-budong :
Babana
Barakkang
Bojo
Kire
Lembah Hada
Lumu
Pasapa
Potanakayyang
Salugatta
Salumanurung
Tinali

Kecamatan Topoyo
Desa Kecamatan di Topoyo :
Bamba Manurung
Budong-budong
Kabubu
Pangalloang
Paraili
Salule’bo
Salupangkangkang
Salupangkang IV
Sinabatta
Tabolang
Tangkau
Tappilina
Topoyo
Tumbu
Wae Putih

Kecamatan Tobadak
Desa di Kecamatan Tobadak :
Tobadak
Sulobada
Sejati
Saloadak
Polongaan
Mahahe
Batu Parigi
Bambadaru


Video Memperingati Hari Jadi Kabupaten Mamuju Tengah :



Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

Relevan banget dengan sejarah Mamuju tengah, makasih gan Infonya sangat bermanfaat.