Lambang Daerah Kabupaten Mamuju

Diposkan oleh On Sunday, July 01, 2018

-- --


Informasi lambang daerah Kabupaten Mamuju, selengkapnya disini.
Lambang Daerah Kabupaten Mamuju
Mamuju adalah salah satu kabupaten di Sulawesi Barat yang terkenal. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika kita pun mengetahui lambang daerah Kabupaten Mamuju dari beberapa sisi. Misalnya saja dari segi nama, bentuk, lukisan dasar, lukisan inti, sampai beberapa hal lain. Hal ini menjadi satu bagian yang penting, sebab merupakan bagian dari pengetahuan umum.

Bila kita melihat dari segi nama lambang, maka sebutan untuk lambang daerah Kabupaten Mamuju ini adalah Manakarra. Nama ini bukan berarti tak memiliki arti. Arti dari Manakarra itu sendiri adalah petunjuk atau pusaka yang sakti. Sementara untuk bentuknya adalah 6 perisai yang melambangkan sifat kepahlawanan dan juga ketangkasan.

Lukisan dasar pada lambang daerah Kabupaten Mamuju ini adalah 6 buah tali yang berpilin dan membatasi bidang. Ini adalah lambang persatuan kokoh untuk 6 kecamatan yang ada di sana (sekarang sudah terjadi pemekaran dan ada 16 kecamatan). Keenam rantai menjadi simbol ikatan yang kokoh, kuat untuk suku bangsa yang tersebar dan mendiami Mamuju.

Di samping 6 tali berpilin, ada juga bintang. Lambang ini menggambarkan penduduk Mamuju yang senantiasa menjunjung tinggi sila pertama Pancasila, yaitu Ketuhanan yang Maha Esa. Selain itu, ada juga lukisan inti pada lambang kabupaten ini. Lukisan inti itu sendiri terdiri dari beberapa, sebegai berikut.

1.      Setangkai butir padi berbiki 45 dan setangkai kapas berbiji 8.
2.      Pita merah putih dan di atasnya dibalik aksara Manakarra.
3.      Tembok kokoh, kuat tersusun tingkat 6 di tengah dasarnya ada sebuah roda.
4.      Di latar belakang lukisan-lukisan menunjukkan gambaran Mamuju yang indah, subur, dan terdiri dari sejumlah ggunung yang ditumbuhi hitan lebar dan daerah luas, bisa dijadikan sawah dan perkebunan. Ada juga perahu yang berlayar.
5.      Lukisan Gunung Sandapang berpuncak tinggi dan di atasnya ada awan putih.
6.      Awan.

Sejumlah informasi tentang lambang daerah Kabupaten Mamuju seperti di atas kiranya akan menjadi informasi yang penting untuk kita semua. Setelah mengetahuinya, kita pun bisa lebih paham bahwa ada makna penting di balik lambang yang sudah ditetapkan untuk Kabupaten Mamuju.

Artikel terkait : 

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »