Sejarah Hari Jadi Mamuju Utara yang Perlu Diketahui

Diposkan oleh On Wednesday, July 18, 2018

-- --


Hari jadi Mamuju utara ditentukan bukan tanpa alasan. Banyak pertimbangan yang tentu menjadi bagian dan beragam hal, baik itu menggunakan pendekatan serta berbagai macam disiplin Ilmu. Tentu bukan hanya soal dari segi yuridis formal atau segala hal yang mempunyai arti hukum yang telah disahkan.  



Momentum sejarah yang memiliki arti penting dan makna yang sangat dalam. Berbagai Dimensi untuk menentukan sejarah hari jadi Kota tersebut.  Dengan membutuhkan waktu yang komplit dan cukup panjang serta melibatkan banyak tokoh didalamnya. Maka dari itu analisis atau kajian sejarahnya pun ikut mewarnai perjalanan panjang hadirnya hari Jadi Mamuju Utara.

Tentu demikian, memerlukan waktu yang tepat, sebagai dasar penentuan hari jadi tersebut.   Menyadari hal demikian, Komite Aksi Pembentukan Mamuju Utara, bersama-sama Pemerintah Mamuju Utara (Matra), melangsungkan seminar merangkum dan menyatukan visi serta misi tentang Hari Jadi Mamuju Utara.

Hasil seminar itupun tercapai dan mengerucutnya rekomendasi, yang kemudian diserahkan kepada pemerintah Kabupaten Mamuju Utara. Selanjutnya ditindaklanjuti dalam formasi bentuk Rancangan Peraturan Daerah (RANPERDA), mengenai hari jadi Mamuju Utara.   

Kemudian setelahnya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mamuju Utara, menerima RANPERDA sesudah diadakannya pengkajian dan mendengar pendapat dari tokoh masyrakat, sejarawan, Budayawan, dan tokoh intelektul, dalam sidang Paripurna yang dilaksanakan pada tanggal 16 April tahun 2008 silam. Dari hal itu secara resmi menetapkan RANPERDA terkait hari jadi Mamuju Utara menjadi sebuah Peraturan Daerah (Perda) Mamuju Utara dengan Nomor 01 Tahun 2008, yang telah diundangkan 16 April 2008 serta dicantumkan dalam lembaran daerah Kabupaten Mamuju Utara (Matra) tahun 2008. Intisari Perda tersebut berisi tentang penetapan 18 April 2008 sebagai Hari Jadi Mamuju Utara secara sah.

Dari segi Yuridis Formal, Hari Jadi Matra sebenarnya akan jatuh pada 27 Januari, tahun 2003, yakni pada scat ditetapkannya UU Nomor 7 Tahun 2003, terkait tentang pembentukan Kabupaten Luwu Timur dan Kabupaten Matra di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) lewat sidang Paripurna DPR-RI.

Namun logika akan membawa untuk tidak terpaku dan terperangkap dalam hal-hal formalitas yang sempit dan dapat mengaburkan maksud dan tujuan menetapkan han jadi Mamuju Utara tersendiri. (Tulisan ini Di edit tanpa mengilangkan makna Subtansinya. Sumber : Matrakab).


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »