Mengartikan No Life, Ciri No Life dan Sebabnya

Diposkan oleh On Monday, July 02, 2018

-- --

Foto gambaran ilustrasi No Life
Gambaran Ilustrasi Foto No Life 
Kita seringkali membahas No Life, mulai dari fenomena Remaja dikalangan para komunitas online atau lebih tepatnya Wibu, dan otak-otak mereka (Istilah yang Muncul di Komunitasnya yang kemudian menjadi tenar). Nah untuk itu mari membahas seluk beluk apa arti No Life, ciri No Life, Sebab-sebab anak Nolep, Nolipe secara umum.

Tentu masih banyak yang belum paham atau mengerti, apa sebenarnya arti kalimat tenar yang diperbincangkan bagi kalangan remaja itu? Apakah sejenis orang yang sudah meninggal dunia tapi hidup,  seperti di film horor? Atau sebaliknya adalah mereka yang tergolong pandai? Untuk itu mari kita bahas lebih dalam lagi.

A. Mengartikan no life

Sebenarnya No Life sendiri berasal dari bahasa Inggris yang kemudian diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Dalam bahasa Inggrisnya terdapat dua suku kata, pertama adalah “No” kedua “Life”. Kalimat “No” artinya “tidak”, dan kata “Life/hidup yang berarti gambaran kehidupan”.  Dan kesimpulan dua suku kata ini adalah “Tidak ada Kehidupan” yang berarati ada sesuatu yang hilang terhadap gairah hidup dikarenakan kurangnya Interaksi di kehidupan nyata.


Kembali kepada pembahasan istilah tersebut, ada 4 sebutan kata yang mempunyai makna yang sama dengan istilah berbeda, Nolep, NoLife, No Life, No Laifu. Empat Kata demikian adalah  untuk segala usia, baik itu Remaja, orang Dewasa, bahkan orang Tua sekalipun. Tentu saja kata tersebut diperuntukan bagi mereka yang tidak banyak aktivitas baik itu pekerjaan dan lain-lain. Dan hal yang paling aneh adalah mereka cenderung jarang berinteraksi secara langsung baik dalam hal berteman dan sebagainya.

B. Ciri  No Life

Secara tidak sadar dan tidak langsung, mereka yang tergolong dalam ciri no life sangat dimengerti dan dipahami untuk mengukur intensitas pergaulannya sehari-hari. Demikian halnya seperti kegiatan aktiv yang lebih bermanfaat misalnya Organisasi, bergaul dengan teman dan sahabat serta hal-hal lain yang lebih bermanfaat, mereka cenderung lebih suka mengurung diri dikamar.


C. Sebab-sebab menjadi No Life

Menjadi seorang no life belum tentu kehidupan menjadi datar-datar dan seperti biasa. Ada berbagai hal yang menyebabkan seseorang tersebut no life. Sudah barang tentu kehidupanlah dan berbagai faktor yang terjadi dalam diri sehingga kehidupan itu terjadi tanpa sadar. Namun dilain sisi faktor itu berawal dari sebuah pengalaman hidup. Contoh, kurangnya kepercayaan terhadap diri sendiri, culun dan sering di Bully dalam bergaul,  dan mudah tersakiti serta mudah tersinggung, trauma berkepanjangan yang terjadi di masa lalu, dan berubahnya lingkungan namun belum bisa beradaptasi dengan hal-hal disekitarnya.

Di lain sisi, kepribadian nolife juga mendominasi adalah faktor pergaulan dimana lingkungan tersebut memang benar-benar merongrong kehidupan mereka. Pegaruh tersebut ada karena disebabkan oleh misalnya, teman dekat (teman sepermainan), teman sekolah,  dan pengaruh paling mengintervensi pola kehidupan mereka yang terus berubah tentu saja dunia maya. Sudah diketahui, mengkomsumsi tontonan yang mempengaruhi cara berfikir. Contoh paling dekat dan sebagian besar anak-anak ataupun remaja misalnya, Game dan Anime, istilah Wibu psikolog, bau bawang, Gamer dan sejenisnya.   

Ada beberapa poin penting sehingga terjadi demikian :

1.     Malas dan tidak adanya kesadaran dalam hidup untuk berkembang
2.     Kepribadian tertutup (Introvert)
3.     Penggunaan Handphone dalam bermedia Sosial untuk hal-hal yang kurang bermanfaat  
4.     Kurangnya pengawasan orang tua terhadap anak.

Kesimpulan
Secara umum hal demikian identik dengan seorang pemalas, pengangguran bagi kaum muda. Meski begitu, itu adalah karakter yang dimiliki manusia, ia tumbuh bersama lingkungan dimana seseorang hidup serta merasakan animo kehidupan. Boleh saja tapi dalam batas wajar dan menyadari pentingnya masa depan. Itu saja sekian untuk artikel ini, semoga bermanfaat setelah membacanya terkait Mengartikan No Life, Ciri No Life, Sebab-sebab No Life.  

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »