LSM Jari Manis Sulbar Laksanakan Forum Grup Diskusi

Diposkan oleh On Saturday, June 30, 2018

-- --

LSM Jari Manis Sulbar Laksanakan Fokus Grup Diskusi dalam rangka mengawal hasil Pilkada Serentak 2018 Polman dan Mamasa, Klik dan Baca Berita Selengkapnya.
LSM Jari Manis Sulbar, Saat Melaksanakan Fokus Grup Diskusi di D'maleo Hotel Mamuju. Foto Adriansyah.
Fokus Grup Diskusi LSM Jari Manis Sulbar - LSM Jaringan Masyarakat Non Partisan (Jari Manis) Provinsi Sulawesi Barat, menggelar Forum Group Diacussion (FGD), Jumat (29/6/18) di hotel d'Maleo Mamuju.

Kegiatan bertema "Mengawal Hasil Pilkada Serentak 2018 di Kabupaten Polman dan Mamasa" ini menghadirkan Ketua KPU Sulbar Rustang, Ketua Bawaslu Sulbar Sulfan Sulo, Perwakilan Polda Sulbar, Korem 142 Tatag, Badan Kesbangpol Sulbar, akademisi, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), pengamat media, unsur organisasi pemuda dan mahasiswa.

Ketua LSM Jari Manis Provinsi Sulbar, Ashari Rauf mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka membangun komunikasi kepada sejumlah pihak untuk mengawal hasil Pilkada serentak yang berlangsung di Kabupaten Polman dan Mamasa.

"Ini adalah bagian dari upaya kita bersama dalam rangka mengawal hasil Pilkada di Polman dan Mamasa. Olehnya, besar harapan kami semua pihak yang hadir dapat memberi masukan, menyampaikan informasi, menganalisa penyelenggaraan Pilkada ini, sekaligus tetap mengawal proses hingga penetapan pemenang yang akan diumumkan oleh KPU," kata Ashari.

Dia juga berharap agar tahapan dan proses yang sedang berjalan di Polman dan Mamasa terus dikawal dengan baik oleh seluruh pihak, utamanya penyelenggara Pilkada.

"Dalam kegiatan ini juga kita berharap ada diskusi yang dapat mendorong kita menghasilkan rekomendasi yang berkaitan dengan perbaikan kualitas demokrasi kita di Sulbar. Termasuk tetap mengawal tahapan yang masih berlangsung saat ini," harapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Sulbar Rustang mengatakan, saat ini proses rekapitulasi masih berjalan di tingkat PPK. Sesuai jadwal, rekapitulasi di tingkat Kabupaten akan dilaksanakan 4 hingga 6 Juli 2018.

"Rekapitulasi berdasarkan PKPU yang dijadwalkan pada 28 hingga tanggal 4 Juli 2018 di tingkat PPK. Kemudian, tanggal 4 hingga 6 Juli itu rekapitulasi di tingkat Kabupaten," sebutnya.

Terkait hasil perhitungan sementara seperti Quick Count, menurut Rustang, itu merupakan hal yang wajar, namun warga tetap diminta untuk menunggu hasil sah yang akan diumumkan oleh KPU.

"Saat ini kami banyak mendapatkan informasi terkait Quick Count dan Real Count, bagi saya itu sah sah saja, namun secara kelembagaan maka KPU belum bisa memastikan sebab hasil rekapitulasi masih sementara berjalan. Kami baru bisa menyampaikan hasil Pilkada ini setelah secara resmi perhitungan sudah dilakukan. Sehingga saat ini kami belum bisa mengeluarkan hasil karena masih sementara bergulir," jelasnya.

Ruatang berharap, warga tetap menjaga kondusifitas daerah selama masa rekapitulasi hingga rampung. Diharapkan juga, agar hasil Pilkada di dua daerah ini dapat diterima dengan baik oleh seluruh pihak..

Berita Terkait LSM Jari Manis Sulbar :
LSM Jari Manis Sulbar akan Gelar Dialog Publik

"Kemudian, karena ini masih berjalan kita harapkan semua pihak tetap mengawal proses rekapitulasi, dan kita berharap apapun hasilnya nanti tidak memicu persoalan-persoalan, semua harus menerima dengan baik dan lapang dada. Semoga Pilkada ini tetap berjalan sesuai harapan kita semua, dengan situasi yang kodusif dan damai," harapnya. (Ashari).



Next
« Prev Post
Previous
Next Post »