Dirlantas Polda Sulbar Gelar Rakor Forum Lalulintas Dan Angkutan Jalan

Diposkan oleh On Tuesday, May 15, 2018

-- --


Foto Dirlantas Polda Sulbar Gelar Rakor Forum Lalulintas Dan Angkutan Jalan

Berita Sulbar, Dirlantas Polda Sulbar Gelar Rakor Forum Lalulintas Dan Angkutan Jalan -

Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sulbar gelar Rapat Koordinasi (Rakor) forum lalulintas dan angkutan jalan, Selasa (15/5/18). Rakor tersebut bertempat hotel d’Maleo Mamuju dan secara resmi oleh Kapolda Sulbar Brigjen Pol. Baharudin Djafar serta dihadiri oleh para pejabat utama Polda Sulbar, Para pejabat instansi sipil, ketua organda provinsi, Kepala PT. Jasa Raharja Provinsi, para tokoh pemerhati lantas, Pengurus IMI Provinsi serta tamu undangan lain.

Rakor pembentukan forum lalu lintas dan angkutan jalan ini adalah wujud kesiapan lalu lintas dan seluruh instansi terkait untuk mengamankan serta antisipasi arus arus lalu lintas jelan hari raya idul fitri 1439 H (Operasi Ketupat 2018).

Kapolda sulbar Mengatakan, untuk mengatasi permasalahan lalu lintas dan angkutan jalan pembentukan forum ini sudah merupakan langkah awal dalam menciptakan kamselribcarlantas jelang operasi ketupat 2018 (Idul Fitri 1439).

Disamping itu kata Kapolda, forum ini juga merupakan wadah koordinasi antara instansi penyelenggara lalu lintas dan angkutan jalan sebagaimana yang diamanatkan oleh UU RI nomor 22 tahun 2009.

Penyelenggaraan lalu lintas semestinya dilaksanakan secara terkoordinasi dengan para pembina beserta para pemangku kepentingan guna mengatasi permasalahan yang sangat kompleks dan memerlukan keterpaduan dalam penanganannya.

“Permasalahan lalu lintas yang harus menjadi perhatian kita adalah jelang idul fitri adalah kesemrautan parkiran pada arus jalan, tingginya kasus laka yang signifikan ditambah lagi pertumbuhan jumlah kendaraan yang terus bertambah dan tidak seimbang dengan pertumbuhan ruas jalan,” ujarnya.

Menghadapi dinamika seperti itu, tentu menuntut tampilan kinerja polantas dan instansi terkait lainnya yang lebih optimal untuk bersama-sama merumuskan langkah-langkah inovatif dan cara bertindak yang efektif guna mengatasi potensi kerawanan yang terjadi.

Dari data lalu lintas polda sulbar dua tahun terakhir 2016 menunjukkan kasus laka terjadi 570 kali dengan korban meninggal dunia sebanyak 190 orang. Sementara di tahun 2017 jumlah laka tercatat 650 kasus dengan korban meninggal dunia 196 orang.

Data ini menunjukkan terjadi peningkatan korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas dan berdasarkan laporan WHO laka lantas menjadi penyebab kematian nomor 9 di dunia.

Untuk itu, melalui forum ini diharapkan ada langkah-langkah dan ide-ide cemerlang dalam mengatasi permasalahan lantas guna peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan.

Sementara itu, Dirlantas Polda Sulbar Kombes Pol Chiko Ardwiyatto saat ditemui menyebutkan, forum ini adalah upaya bersama instansi terkait dalam menangani permasalahan lalu lintas utamanya jelang idul fitri 1439 H.

“Jadilah pelopor dalam berlalu lintas dan membudayakan keselamatan sebagai kebutuhan bersama,” Imbuhnya.

Rakor forum lalu lintas dan angkutan jalan ini juga diisi dengan materi-materi dari masing-masing instansi pemerhati lalu lintas. Dirlantas Polda Sulbar Gelar Rakor Forum Lalulintas Dan Angkutan Jalan (Humas Polda Sulbar*)


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »