Melawan Radikalisme dengan Solusi

Diposkan oleh On Wednesday, May 09, 2018

-- --



Headline – Perspektif

Adri M. Fatwa - Greidsmediacom

Media sosial diabad ini menuntut kita untuk mengamati sebanyak mungkin memahami barisan kata, subtansi, serta visual mengarah Radikalisme bebas walau pemerintah telah menjalankan tugas menutaskan pemahaman tersebut. Kecenderungan dan jebakan konsekuensi rekriutmen dan militansi viral di dunia maya Milenial adalah problem besar bangsa ini.

Namun kenyataan akal sehat dan kepentingan radikal ketika dibenturkan dengan penalaran berfikir terjadi perubahan relevan. Virus radikal menjebak otak kita yang kadang apatis menelan  hingga merasuki alam bawah sadar lalu berubah jadi pelumas penggerak radikalisme.

Dua hal penting pelajaran dari mengamati dan membaca gerakan radikal akan memberikan solusi. Tidak banyak akan saya jelaskan, tapi terpenting memberi solusi untuk sebuah bangsa yang kita cinta bersama.

Pemerintah dan Masyarakat 

Gerakan Radikal didunia maya diera ini telah menjadi warna abu-abu. Gaya komunikasi dan didukung privasi jalan empuk penebar radikal, namun itu bisa diminimalisir pemeritah. Berbagai kegiatan sosialisasi  dan koordinasi terbilang cukup berhasil, menanamkan rasa kehati-hatian meningkatkan memori kita untuk menekan  prevalensi radikal.


Perbedaan yang menyatukan Bangsa

Didorong dengan Kesadaran umat, agama, budaya serta suku, menjadikan solusi kita untuk sadar betapa pentingnya nilai lokal kedaerahan meski banyak perbedaan satu sama lain. Dan yang paling penting adalah ternyata itu menjadi kekuatan negara dan bangsa kita memegang teguh persatuan dan nilai-nilai pancasila.

Dari banyaknya kemungkinan, solusi dalam bermasyarakat itu tetap tumbuh, latar belakang sosial dari berbagai aspek kehidupan menekan angka minoritas radikalisme yang sampai saat ini menjadi musuh terbesar, tapi kita belum tergoyahkan sedikitpun serta tak gentar.



Next
« Prev Post
Previous
Next Post »