5 Negara Kecil Ini Mampu Membuktikan Diri Tampil di Piala Dunia

Diposkan oleh On Tuesday, October 10, 2017

-- --


Ukuran jumlah penduduk suatu negara seringkali dijadikan tolak ukur dikancah dunia. Apalagi bila itu dikaitkan dengan sebuah persaingan dibidang olahraga.
Tolak ukur tersebut ternyata tak selamanya benar, 5 negara ini pernah menembus piala dunia. Lalu siapa sajakah negara tersebut, mari membaca deretannya seperti dilansir Indosport.com. 

1. Irlandia Utara
Dengan populasi sekitar 1,8 juta penduduk, Irlandia Utara mampu menunjukan kekuatan sepakbolanya di tiga gelaran Piala Dunia FIFA. Tahun 1958 adalah kali pertama Irlandia Utara ikut berpartisipasi dalam perhelatan sepakbola terakbar. Langkah Irlandia Utara di Swedia harus terhenti di babak perempat final oleh Perancis (0 – 4) setelah penampilan impresifnya di babak grup ketika mengalahkan Cekoslovakia (1 – 0), menahan Jerman (2 – 2), dan hanya dikalahkan oleh Argentina (1 – 3).

Prestasi yang sama terjadi di Piala Dunia Spanyol tahun 1982 ketika Irlandia Utara berhasil mengalahkan tim tuan rumah (1 – 0). Namun sayang, lagi- lagi langkah mereka terhenti oleh kesuperioran Perancis dengan skor 4 – 1.

Pencapaian tim Irlandia Utara di Piala Dunia terulang pada 1986 di Mexico. Tetapi mereka mengalami kemerosotan dengan hanya mampu satu kali imbang melawan Algeria, dan bertekuk lutut dari Spanyol dan Brasil.


2.Slovenia
Negara muda Slovenia yang berpenduduk sekitar 1,7 juta penduduk mampu membuat sensasi di dua perhelatan Piala Dunia. Pada 2002, negara yang baru berumur 11 tahun itu masuk ke putaran final Piala Dunia melalui jalur play-off. Sayangnya, mereka harus menelan tiga kekalahan di fase grup.

Delapan tahun berlalu, Slovenia menjadi lebih baik. Di Piala Dunia 2010 mereka berhasil memenangkan 1 pertandingan melawan Algeria (1 – 0), 1 kali imbang dengan Amerika Serikat (2 – 2), dan 1 kali kalah ditangan Inggris (0 – 1).


3. Jamaika
Negara yang dikenal karena musik reggae dengan populasi sekitar 2,8 juta penduduk tersebut pernah mencicipi euforia Piala Dunia 1998 di Perancis. Misi sulit harus diemban oleh tim yang kurang berpengalaman itu. Di fase grup, Jamaika dikalahkan oleh Kroasia (1 – 3), Ar4gentina (5 – 0), dan Jepang (1 – 2).

4.Trinidad - Tobago
Di tahun 2006, tim nasional dari negara berpenduduk 1,3 juta ini dapat mencicipi bermain di tanah Jerman. Hanya mampu sampai fase grup, Trinidad – Tobago secara mengejutkan bisa menahan imbang Swedia (0 – 0), namun kalah di tangan Inggris dan Paraguay dengan skor (0 – 2).

5. Islandia
Islandia membuat kejutan di Piala Dunia 2018 nanti. Di awal minggu ini anak asuh Heimir Hallgrímsson mampu mengamankan tiket ke Rusia setelah mengalahkan Kosovo (2 – 0). Dengan populasi hanya 335 ribu jiwa dan 20 ribu pemain sepakbola, Islandia memiliki 1 pelatih berstandar UEFA per 500 penduduknya. Tentu saja penampilan Islandia akan menjadi yang paling ditunggu di perhelatan sepakbola terakbar 2018 di Rusia nanti.

Sumber : Indosport.com



Next
« Prev Post
Previous
Next Post »