Pemuda Dorong Lara Jadi Nama Ibukota Kecamatan

Diposkan oleh On Wednesday, July 05, 2017

-- --


Manakarranews.com, Mateng - Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) berencana melakukan pemekaran sejumlah kecamatan di daerah itu.

Kepada wartawan, Ketua DPRD Mateng, Arsal Aras membenarkan adanya rencana pemerintah kabupaten Mateng untuk melakukan pemekaran beberapa kecamatan.

"Memang kita ada rencana untuk memekarkan beberapa kecamatan, Namun kita mulai mekarkan dulu beberapa Desa di wilayah Mamuju Tengah," ucap Arsal.

Salah satu wilayah yang bakal memekarkan wilayah kecamatan adalah Kecamatan Karossa. Seperti diketahui, saat ini Karossa memiliki 12 Desa dan 2 UPTD.

Diperkirakan, ada 5 Desa yang akan bergabung memmbentuk satu kecamatan di wilayah Kecamatan Karossa. masing-masing, Desa Sukamaju, Desa Lara, Desa Salubiro, Desa Tasokko dan Desa Kambunong.

Merespon hal itu, salah seorang Tokoh Pemuda Mateng asal Desa Lara, Ashari Rauf memberikan apresiasi kepada pemerintah kabupaten Mateng.

"Itu upaya pemerintah dalam mendorong pembangunan dan kemajuan di daerah. Saya juga sudah membangun komunikasi dengan pemerintah setempat, termasuk kepada Ketua DPRD Mateng," kata Pendiri dan Ketua pertama Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa (HIPPMA) Karosaa itu.

Menurut Ashari, jika pemerintah memekarkan satu Kecamatan di Karossa, maka Desa Lara diminta untuk dijadikan nama Kecamatan dan Ibukota Kecamatan.

"Jauh hari sebelumnya, saya bersma kawan-kawan muda bersama tokoh masyarakat sudah membicarakan hal ini. Dan kalau nanti mulai dibahas dii DPRD, maka tentu kami mendorong Lara menjadi nama kecamatannya," sebut Ashari.

Alasannya, kata Ashari, dari semua aspek, Lara dianggap paling pas untuk dijadikan nama Kecamatan.

"Desa Lara ini sangat bersyarat. Secara histori, ada Maradika (Raja) Lara. Dari aspek fasilitas penunjang juga demikian, kemudian demografi dan sosial juga sangat pas," katanya.

"Tinggal ke depan, kita akan bangun dan perkuat komunikasi kepada Desa lainnya, seperti Tasokko, Salubiro, Kambunong dan Sukamaju," sambungnya.

Oleh sebab itu, Ashari yang juga pimpinan LSM Jari Manis Sulbar ini berharap, Pemkab Mateng menjadikan semua aspek tersebut sebagai syarat yang melahirkan pertimbangan-pertimbangan yang sesuai harapan masyarakat yang ada.

"Kita menaruh harapan besar kepada Pemkab termasuk Dewan. Semoga ini direalisasikan. Saya akan terus bangun komunikasi dengan baik, semoga diwujudkan," harapnya.
Sekada diketahui, sejumlah nama calon kecamatan di Mateng juga tengah didorong, seperti Lumu, Patulana dan sebagainya. (**)



Next
« Prev Post
Previous
Next Post »