11 Penyebab Menghapus Pertemanan di Facebook

Diposkan oleh On Friday, May 26, 2017

-- --


Penyebab masalah pertemanan di facebook kadang kala oleh berbagagai sebab yang kurang menyenangkan bagi kita. Menghapus pertemanan di facebook ini memang salah satu cara untuk menambah ruang agar bisa menerima pertemanan baru, karena friendlist di facebook sudah hampir mencapai batas maksimum pertemanan di facebook.

Toh kan  jika dihapus masih bisa tambahkan pertemanan di facebook kembali. Kalau diblokir, teman yang diblokir tidak bisa melihat sama sekali apabila dilakukan searching.

Ketika saya memutuskan untuk menghapus pertemanan di facebook, biasanya saya mempertimbangkan beberapa alasan. Nah, berikut ini adalah pertimbangan alasan emngapus pertemanan di Facebook.

1. Memasukan ke grup abal-abal
Ketika musim kampanye pilkada, banyak sekali teman kita yang memasukan kita ke grup yang isinya kampanye propanda partai atau apa lah namanya. Hal-hal begini juga sangat menyebalkan, soalnya kadang ketika kampanye suka menyitir atau malah mendiskreditkan calon kepala daerah atau partai lain.

Selain grup kampanye atau partai politik, terkadang ada grup yang memasukan kita ke grup facebook yang berbau negatif. Ini nyebelin banget dan membuat bete deh.

Ketika teman memasukan kita ke grup partai politik atau grup negatif sepertinya memang sudah waktunya untuk menghapus pertemanan.

2.Komentar yang tidak menyenangkan.
Status facebook yang biasaya saling berseteru juga kadang berakhir dengan tidak menyenangkan hati, dan akhirnya memilih menghapus pertemenan.Ini sering terjadi kalau misalnya punya teman dekat atau teman jarak jauh gak pernah ketemuan atau bahkan tidak mengenal siapa orang tersebut.
Temuan dari survei 1.865 pengguna Facebook oleh Nielsen McKinsey NM Incite  unit, yang juga mengutip komentar ajakan, komentar menyedihkan, terlalu banyak teman, dan mengupdate status terlalu banyak atau terlalu sedikit sebagai alasan untuk unfriends.


3. Teman meninggal dunia
tujuan utama bermain facebook adalah untuk membina pertemanan, untuk interaksi sesama dan relasi sosial lainnya. Ketika seseorang meninggal, otomatis kan tidak mungkin bisa interaksi lagi. Nah, selain itu juga kalo tiba-tiba ada pesaninbox facebook dari yang sudah meninggal masuk mau gimana ? hehehe ...

4. Teman mengirim jebakan betmen
Di media sosial, terkadang banyak sekali jebakan betmen, misalnya ajakan maen game, atau ajakan like sesuatu yang tidak jelas. Nah, hal-hal begini ini yang kadang membuat jengkel. Ketika seseorang sudah mengirim jebakan betmen sepertinya sudah waktunya menghapus pertemanan.

5. posting atau nge-tag hal yang membuat bete
Di dunia per-facebook-an, wall facebook kita adalah milik kita, jadi terserah kita mau posting atau upload apa aja di wall kota. Nah, terkadang, tiba-tiba teman kita itu nge-tag posting yang tidak sesuai atau gak cocok dengan keseharian facebook kita. Terkadang hal gini juga cukup mengganggu. Ketika mulai nyampah dan membuat tidak elok wall facebook kita.

6. Jarang sekali update status
Mungkin banyak dari sobat yang sudah tahu bahwa facebook membatasi jumlah pertemanan hanya sampai 4-5 ribuan saja. Setidaknya itulah yang saya tahu ketika saya melihat info profil seseorang yang jumlah temannya sampai ribuan mentok di kisaran 4 ribuan, tidak pernah saya melihat yang lebih dari kisaran angka tersebut. 
Dan saya sering ngalamin ketika saya hendak meminta pertemanan pada seseorang ternyata tidak bisa, facebook memberikan notifikasi bahwa orang tersebut memiliki terlalu banyak teman. 

Saya sendiri belum pernah punya teman sebanyak itu di facebook. Tapi melihat notifikasi tersebut saya menganalogikan bahwa orang tersebut tidak bisa lagi mendapatkan teman baru karena sudah mencapai batas maksimal. Nah bagaimana jika orang tersebut ingin berteman dengan orang lain yang dirasa lebih penting ? Maka salahsatu solusinya harus ada temannya yang dihapus, dan salahsatu kemungkinan yang dihapus adalah orang yang jarang sekali update status / tidak aktif. 

7. Terlalu banyak update status yang gak penting 
Terkadang banyak status kita yang dianggap tidak penting oleh orang lain. Banyak status yang dianggap sampah. Seperti mengeluh, seperti ''Kenapa nasibku begini terus  '', atau status dengan kata-kata kotor, seperti ''Dasar kamu laki-laki an*ing,,,'', ''Sia*an tuh orang'' dan sejenisnya. Tentu status-status seperti itu kalau terlalu banyak di update akan sangat mengganggu orang lain. 

8. Terlalu banyak promosi
Era sekarang ini adalah eranya dunia maya, banyak pebisnis yang menggunakan dunia maya untuk meningkatkan penghasilan bisnisnya. Salahsatunya media sosial seperti facebook. Tetapi banyak yang salah menggunakan facebook sebagai ajang promosi, salah dalam 'caranya'. Mereka terlalu sering update status berbau promosi yang akhirnya bukan prospek konsumen yang didapat, melainkan banyak teman yang menghapusnya dari daftar pertemanan mereka. Perlu diketahui tidak semua orang menyukai apa yang kita promosikan, justru mereka akan merasa terganggu. Jikapun ingin promosi, janganlah terlalu sering, cukup sekali sehari, carilah waktu yang tepat kapan orang-orang online, biasanya jam istirahat, menjelang malam, atau hari libur. Tapi imbangi juga dengan status biasa. Ingat !! Tujuan utama orang membuat facebook adalah untuk bersosialisasi bukan untuk mendapatkan penawaran produk.  

Akan lebih baik jika membuat fans page / halaman facebook untuk alat promosi, dengan begitu promosi kita lebih tertarget, maksudnya kita promosi kepada orang yang memang tertarik dengan produk yang kita promosikan. Karena hanya orang yang tertarik yang mau melike fans page tersebut, dan hanya yang melike fans page lah yang akan mendapatkan pembaruan status promosi kita. Dengan ini, maka peluang untuk mendapatkan konsumen lebih besar dan resiko dihapus teman lebih kecil. 

9. Salah berteman
 Beberapa teman mungkin akan menyelidiki kita untuk mengetahui dengan siapa saja kita berteman. Jika diketahui bahwa kita berteman dengan seseorang yang tidak disukai oleh teman kita yang lain, mungkin teman kita tersebut akan menghapus pertemanan dengan kita. Karena terkadang, orang lain menilai kita dengan siapa kita berteman. Jika kita berteman dengan orang baik, maka kita akan ikut dicap orang baik, dan sebaliknya, jika kita berteman dengan tukang mabok, kita akan disamakan dengan mereka. Atau jika sobat seorang laki-laki dan teman-teman sobat ternyata playboy semua, jangan harap banyak wanita yang mau berteman dengan sobat,,, :) 

10. Foto
Banyak cara orang lain menilai diri kita, salahsatunya melalui foto profil di facebook. Mungkin banyak dari kita yang tidak menyadari jikalau foto profil atau gambar-gambar yang kita upload bisa mencerminkan diri kita. Misal, jika sobat sedang kasmaran, pasti gambar yang sobat upload berhubungan dengan cinta, misal sebuah gambar yang bertuliskan ''Sayang,, Cintaku hanya untukmu seorang'', dan teman sobat yang melihatnya pasti akan menganggap sobat sedang dilanda asmara. Atau gambar yang sobat upload bertuliskan ''Kutunggu kau cintaku di gubuk rindu,,,,, dibawah pohon bambu,,,'', maka sobat pasti sedang dilanda penyakit merindu. Kalau yang 2 ini gak masalah, insyaAllah teman sobat tidak akan mendelet sobat. 

Tapi bagaimana jika foto profil / gambar yang di upload oleh teman sobat kebanyakan gambar laki-laki rupawan gak pake baju,, padahal teman sobat itu laki-laki, dan itu bukan fotonya ? pasti ada sebagian orang yang akan beranggapan negatif terhadap teman sobat tersebut. Atau contoh lain, gambar-gambar yang sobat upload bergambar minuman keras, tengkorak, dan sejenisnya,, pasti akan ada sebagian teman sobat yang menilai sobat sebagai brandalan, dan akhirnya dia mendelet sobat.

11. Berdebat

Selanjutnya adalah berdebat, dari emosi yang timbul atau persepsi yang berbeda alhasil perdebatan terjadi, kemudian terjadilah delete di pengujung acara.

(Berbagai****)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »