Di SMK Luyo, Asri Anas: Pancasila Adalah Pandangan Hidup Berbangsa

Diposkan oleh On Friday, November 25, 2016

-- --


Manakarra News, Polman — Pancasila sebagai dasar Negara juga merupakan suatu asas kerohanian yang dalam ilmu kenegaraan sangat populer disebut sebagai dasar filsafat negara (philosofische Gronslag). Dalam kedudukan ini Pancasila merupakan sumber nilai dan sumber norma dalam setiap aspek penyelenggaraan negara, termasuk sebagai sumber tertib hukum di negara Republik Indonesia. 

Hal tersebut disampaikan oleh anggota DPD RI asal Sulawesi Barat, Muhammad Asri Anas saat menggelar Sosialisasi Empat Pilar Bangsa di SMK Negeri Luyo, kabupaten Polewali Mandar (Polman), Kamis (24/11/16).

Di hadapan ratusan suiswa di Sekolah itu, Asri menyampaikan materi tentang Empat Pilar Bangsa hingga 3 jam lamanya.

Asri menegaskan, Pancasila merupakan pandangan hidup yang sudah menjadi fundamental untuk dimplementasikan dalam keseharian rakyat Indonesia.

"Konsekuensinya seluruh peraturan perundang-undangan serta penjabarannya senantiasa berdasarkan nilai nilai yang terkandung dalam sila sila Pancasila. Dalan konteks inilah, maka Pancasila murupakan suatu asas kerohanian negara, sehingga merupakan suatu sumber nilai, norma dan kaidah baik moral maupun hukum dalam negara Republik Indonesia," urai Asri.

Menurutnya, kedudukan Pancasila yang demikian ini justru mewujudkan fungsinya yang pokok sebagai dasar negara Republik Indonesia, yang manifestasinya sangat jelas tertuang dan dijabarkan dalam suatu peraturan perundang-undangan.

"Oleh karena itu pancasila merupakan suatu fondasi dasar serta sumber hukum dasar negara baik yang tertulis yaitu Undang Undang Dasar negara maupun hukum dasar tidak atau biasa disebut sebagai konvensi. Ingat, Bangsa kita adalah bangsa yang besar yang memiliki keraagaman budaya serta suku yang berbeda-beda. Perbedaan yang dilmiki oleh rakyat Indonesia tidak menjadikannya menjadi tercerai berai justeru menjadikannya menjadi lebih kuat dan semakin toleran," jelasnya.

Asri mengaku, pemahaman tentang Pancasila adalah suatu jalan yang final sebagai warga Negara yang bersatu dan berdaulat dalam naungan ke-Bhinnekaan.

"Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia mengantarkan rakyatnya pada sebuah persatuan dan kesatuan yang tak dapat dicerai-beraikan oleh kepentingan apa pun, sehingga masyarakat Indonesia tetap berpegang teguh pada kuatnya nilai-nilai Pancasila yang termaktub dalam sila ketiga Pancasaila, yakni persatuan Indonesia," terangnya.(AMF)


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »