Sosialisasi di MAN Polewali, Asri Ajak Siswa Kuatkan NKRI

Diposkan oleh On Wednesday, November 30, 2016

-- --


Manakarranews.com, Polman — Setelah melakukan sosialisasi 4 Pilar bangsa di SMK Bulo, Anggota DPD RI asal Sulbar, Muhammad Asri Anas melanjutkan sosialisasinya di MAN Polewali, kabupaten Polewali Mandar (Polman), Selasa 29 November 2016

Kali ini asri bersosialisasi dengan mengangkat Tema "Penguatan NKRI dalam Memperkokoh Keutuhan Bangsa". Hadir sekira 200 siswa di Sekolah tersebut.

Dalam kesempatan itu, Asri Anas menyampaikan, bahwa pada hakikatnya Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara kebangsaan modern. Negara kebangsaan modern adalah negara yang pembentukannya didasarkan pada semangat kebangsaan atau nasionalisme, yaitu tekad sebuah masyarakat untuk membangun masa depan bersama di bawah satu negara yang sama walaupun berbeda-beda agama, ras, etnik, atau golongan.

"Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah negara yang berkedaulatan rakyat dengan berdasarkan kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," kata Asri Anas.

Asri menjelaskan, terbentuknya negara yang pada dasarnya mensyaratkan adanya wilayah, pemerintahan, penduduk sebagai warga negara, dan pengakuan dari negara-negara lain sudah dipenuhi oleh NKRI. NKRI adalah negara berdaulat yang telah mendapatkan pengakuan dari dunia internasional.

"NKRI mempunyai kedudukan dan kewajiban yang sama dengan negara-negara lain di dunia, yaitu ikut serta memelihara dan menjaga perdamaian dunia karena kehidupan di NKRI tidak dapat terlepas dari pengaruh kehidupan dunia internasional (global).


NKRI didirikan berdasarkan UUD 1945 yang mengatur tentang kewajiban negara terhadap warganya dan hak serta kewajiban warga negara terhadap negaranya dalam suatu sistem kenegaraan," jelasnya.(AMF)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »