Peran Pemuda dalam Melestarikan Budaya Harus Lebih di Tingkatkan

Diposkan oleh On Thursday, November 17, 2016

-- --

Peran pemuda,pemuda dalam melestarikan budaya lokal,Pemuda,Budaya lokal,Pemuda dan Budaya,pemuda dan daerah,pemuda bangsa.


Mamuju,Manakarra news---Jambore Pemuda Indonesia (JPI) 2016 yang dilaksanakan di Palangkaraya Kalimantan Tengah (Kalteng) beberap waktu lalu telah usai dilaksanakan.

Kegiatan JPI ini di maksudkan untuk mempersatukan pemuda nusantara sekaligus memperingati hari sumpah pemuda yang di selenggarakan oleh kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Kegiatan tersebut diisi beberapa kegiatan termasuk karnaval budaya,kunjungan wisata,kunjungan museum,termasuk pameran tradisional.

Perwakilan JPI Sulawesi Barat yang beranggotakan 13 dari seluruh kaputen yaitu Mamasa,Polewali Mandar (Polman),Majene,Mamuju,Mamuju Tengah (Mateng) serta Mamuju Utara (Matra).

Perwakilan peserta Sulbar mewakili kabupaten Mamuju Tengah Heril Putral Ghalib  mengatakan kegiatan JPI 2016 kemarin telah memberikan banyak pengalaman dan pengetahuan terkait persoalan budaya.

Ia juga mengatakan bahwa sebagai pemuda belajar dari hal itu harusnya bisa membangkitkan kembali nilai budaya yang terus tergerus oleh perkembangan zaman,tentu ia juga berharap kedepan pemuda sebagai pelopor pembangunan bangsa di sektor budaya agar peran pemuda lebih dari apa yang kita harapkan selama ini.

"Di sulbar ini yang paling adalah pemerintah harus betul-betul bersinergi dengan pemuda,apalagi dalam hal pemuda yang mencitai budayanya"Ungkap Heril yang juga Ketua Komunitas pencita Seni dan Budaya Sulbar (Kompesdaya).

Selain itu ia menilai bahwa di Sulbar  terdiri dari berbagai macam  budaya yang harusnya bisa dilestarikan jika kalau tidak menurutnya maka tentu hal itu tidak akan bisa menjadi sebuah harapan besar kedepan untuk memajukan salah satu Ikon daerah yang identik dengan ciri khas daerah itu sendiri.Sebab kata dia,hidupnya suatu daerah adalah di nilai seberapa besar budaya itu dapat dilestarikan.

“Daerah inikan memang Multikultur saya kira di ibukota Provinsi ini (Mamuju Red),kita betul-betul total menghidupkan budaya,baik itu dari segi bahasa,adat istidat,apalagi sekarang banyak anak muda yang tinggal di Mamuju, tidak tahu bahasa Mamuju,saya kira juga wilayah mamuju ini harus memunculkan Ikon daerah”Tutupnya.(Heril/AMF)








Next
« Prev Post
Previous
Next Post »