Menghargai Perbedaan dan Keragaman Hidup dalam Bingkai Kedamaian

Diposkan oleh On Sunday, May 27, 2018

-- --

Perbedaan dan Keragamaan Hidup dalam Bingkai Kedamaian,Perbedaan agama,Perbedaan Status Sosial,Perbedaan Ekonomi dan Banyak lagi.


Menghargai Perbedaan dan Keragaman Hidup - Kita sering melihat contoh sikap diskriminatif di sekitar kita yang sesungguhnya berawal dari adanya perasaan berbeda yang dikristalkan yang kemudian melahirkan stigmatisasi, bahkan pengecualian atau bahkan peniadaan. Semua itu terjadi karena perasaan berbeda tidak lagi mampu memberi ruang bagi rasa kemanusiaan dan kasih sayang dan kebenaran hakiki.

Padahal perbedaan sesungguhnya tidak harus melahirkan diskriminasi, karena perbedaan yang sesungguhnya adalah ujian bagi siapapun untuk membuktikan kepada sang pencipta bahwa kita bersikap adil dan bijaksana.

Sesungguhnya perbedaan adalah sesuatu yang ada karena keinginan Allah swt. Segala sesuatu yang kita lihat sangat banyak di alam raya ini dengan berbagai macam mahluk hidup, tumbuhan hewan serta benda-benda lainnya dan semua itu berwala dari sang Pencipta.

Persoalan perbedaan adalah sesuatu yang kompleks dan menjadi sesuatu yang berbahaya ketika persoalan tersebut adalah mayoritas berhadapan minoritas yang di paksa untuk berbgabung dengan mayoritas, di paksa untuk menerima bahasa,agama dan minoritas hal ini tentu bukan yang di ridhai Allah swt.

Perbedaan datang bukan untuk disesali apalagi dibasmi tetapi untuk disikapi dengan baik,perbedaan adalah ladang pahala bagi orang yang memahami,mari kita bayangkan bagaimana jadinya jika seandainya hidup ini seragam dan serupa, di mana ruang untuk berjuang? di mana kita bisa untuk mengupayakan keadilan jika semuanya sama? di mana kita bisa membuktikan bahwa kita adil dan bijaksana.

Dan tentu perbedaan hidup ini yang membuat kita semua bermakna, mari kita sama jaga perbedaan itu karena yang terpenting hidup berdampingan satu sama lain dalam bingkai kehidupan menjadi sesuatu yang tak ternilai dengan apapun itu. Dengan demikian menjadi ketenangan yang saat sekarang ini banyaknya pengaruh negatif yang timbul di sebabkan banyak hal terjadi konflik dari cara pandang yang tidak sepantasnya di lakukan.

Penulis : Adri M.Fatwa di Tambahkan dari Sumber buku "Wajah Damai Islam"


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »